Bisnis Usaha Kecil (Bisnis Soto Ayam)

Pada umumnya untuk memulai sebuah bisnis kita harus menentukan aspek peasaran yang meliputi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan product, price, promotion dan place.

Salah satu contoh bisnis usaha kecil yaitu bisnis Soto Ayam. Bisnis soto ayam cenderung dianggap orang sebagai bisnis yang mempunyai untung yang sangat sedikit disbanding dengan bisnis sejenis lainnya, tetapi untuk mengatakan hal itu untuk yang kedua kalinya maka kita harus kita harus telisik tentang pedagang soto ayam.

Pedagang soto ayam,menjual usahanya dengan mengandalkan tempat berukuran 5×6 m. Pada awal usahanya dibuka memang tidak banyak pembeli tetapi dengan kerja keras dan semangat serta ada beberapa factor yang mendukung keberhasilan usaha tersebut diantaranya tempat yang strategis, dan harga yang terjangkau maka usaha yang digeluti dapat berkembang dengan baik. Dengan mengandalkan penjualan soto ayam saja pedangang soto ayam bias mengantongi untung rata-rata Rp 5.000.000 perbulan. Itu mungkin saja didapat dengan omset penjualan 100 mangkok dengan harga Rp 7.000 , maka penjualan dalam 1 hari saja dapat mencapai Rp 700.000 belum lagi pendapatan penjualan dari berbagai macam minuman yang disediakan. Padahal itu juga tidak tentu, karna banyak yang di beli perbulan misalnya, saus,kecap,penyedap rasa,dll yang dianggap bertahan sampai 1 bulan lamanya, dengan begitu dapat menghemat pengeluaran.

Dengan demikian banyak untung yang didapat dalam 1 hari saja Rp 7.000 x 100 mangkok x 28 hari = Rp 19.600.000 dalam 1 bulannya. Tetapi itu belum laba bersihnya karna masih dikurang biaya sewa tempat sebesar Rp 3.000.000 per tahun. Jadi kalo dihitung-hitung pendapatan laba bersihnya sebulan Rp 14.600.000 dan untuk pendapatan pertahun sebesar Rp 45.950.000. ada berapa hal yang perlu di lakukan untuk tetap menjaga pelanggan untuk tidak pindah ke tempat lain misalnya, peningkatan mutu dan kenyamanan para pelanggan. Apabila pelanggan merasa bosan atau tidak sesuai dengan pelayanan diberikan misalnya, menuggu lama atau yang lainnya maka pelanggan akan pergi ke tempat lain. Itu mengakibatkan omset penjualan akan berkurang, tetapi sebelum hal itu terjadi harus mempertimbangkan beberapa aspek di atas.

Jadi sekarang kita tahu ternyata penjualan soto ayam dapat memberikan keuntungan yang lebih besar dari yang diharapkan dan mungkin lebih besar dari seorang manajer di perusahaan. Untuk itu sebelum mengambil keputusan tidak ada salahnya mempertimbangkan usaha soto ayam .

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: