faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham

Harga saham merupakan total nilai sekarang dari seluruh aliran kas yang akan diterima pemodal selama periode pemegang saham berdasarkan tingkat keuntungan (rate of return) yang dianggap layak.

Memperkirakan harga saham pada masa yang akan datang dapat dilakukan dengan mengestimasi nilai faktor fundamental yang mempengaruhi harga saham di masa yang akan datang. Dengan demikian langkah penting dalam memprediksi harga saham adalah dengan mengidentifikasi faktor-faktor fundamental (seperti penjualan, pertumbuhan penjualan, biaya, dividen tunai, dan sebagainya) yang diperkirakan akan mempengaruhi harga saham.

Dividen tunai sangat berpengaruh terhadap nilai saham melalui penciptaan keseimbangan di antara dividen saat ini dan laba ditahan sehingga mampu memaksimalkan nilai saham. Jika perusahaan bersangkutan menjalankan kebijakan untuk membagikan tambahan dividen tunai maka akan cenderung meningkatkan harga saham, namun jika nilai dividen terlalu tinggi maka makin sedikit dana yang tersedia untuk reinvestasi sehingga tingkat pertumbuhan perusahaan yang diharapkan untuk masa mendatang akan rendah, dan hal ini akan menurunkan harga saham. Nilai saham akan maksimal jika terjadi keseimbangan.sehingga ketika laba meningkat maka harga saham cenderung naik, sedangkan ketika laba menurun maka harga saham juga ikut menurun. Sedangkan Sungkowo (1998), dan Majuroh (2004) dalam Sungkowo (1998) dalam penelitiannya menemukan laba bersih setelah pajak berpengaruh positif terhadap harga pasar namun pengaruh tersebut tidak signifikan. Pertumbuhan penjualan berpengaruh positif terhadap harga saham, dengan anggapan bahwa bila pertumbuhan penjualan tinggi maka laba perusahaan akan tinggi. Hal itu akan mempengaruhi total nilai sekarang dari seluruh aliran kas yang akan diterima pemodal. Karena harga saham merupakan total dari nilai perusahaan, maka bila pertumbuhan penjualan meningkat diharapkan harga saham juga akan ikut meningkat. Pengujian atas pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap harga saham dilakukan oleh Sulistiono (1994) dalam Natarsyah (2000), dan menemukan bahwa pertumbuhan penjualan secara simultan berpengaruh terhadap harga saham.

Dalam menilai suatu saham, tentunya banyak faktor yang harus diperhatikan oleh seorang investor. Untuk memprediksi perkembangan nilai dari suatu saham, secara umum ada tiga factor yang mempengaruhi pergerakkan harga saham suatu perusahaan atau emiten, yaitu secara fundamental, teknikal, dan pengaruh teknis. Untuk lebih jelasnya akan dibahas satu per satu factor-faktor tersebut

Kebijakkan deviden pada dasarnya menentukan proporsi laba yang akan dibagikan kepada pemegang saham dan yang akan ditahan untuk diinvestasikan kembali dalam perusahaan. Pada umumnya perusahaan membayarkan devidennya dalam bentuk kas. Proporsi laba yang akan dibayarkan sebagai deviden kas dinamakan rasio pembayaran deviden (devidend payout ratio), yaitu perbandingan antara deviden per lembar saham dengan laba per lembar saham. Selain kas perusahaan juga dapat mendistribusikan labanya dalam bentuk saham, pemecahan saham (stock split), atau pembelian saham.

Di sini akan dikemukakan tiga macam proses yang dapat meningkatkan nilai saham dalam jangka panjang yaitu :

 

Adalah proses pengembangan produk baru yang inovatif. Semakin inovatif perusahaan mengembangkan produknya, maka semakin besar kemungkinan nilai saham perusahaan tersebut meningkat. Di kemudian hari.

 

Proses penyerahan yang bersangkutan dengan konsep efisien. Semakin lancar dan bebas hambatan jalanya proses tersebut akan semakin baik. Hal ini menyangkut hubungan horizontal fungsi-fungsi dalam sebuah perusahaan yang menyangkut kerjasama antar perusahaan.

 

Menyangkut manajemen dari market-market asset yang sangat menentukan, meliputi :

1. pelanggan, karena customer satisfaction amatlah penting, maka tujuan harus diatur sebaik-baiknya

2. distributor atau yang biasa disebut immediate customer, oleh karena itu harus dijaga sebaik-baiknya denagn perusahaan.

3. Aliansi strategis yang harus dimanajemeni secara baik agar akses teknologi, capital dan pasar dapat terjaga.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: