Tugas Pengantar bisnis (Perlunya Kepastian Hukum dalam Manajemen Sumber Daya)

Nama: Paskalina. Notanubun

Kelas: 1EB 10

NPM: 25210323

 

Perlunya kepastian Hukum dalam Manajemen sumber daya manusia

 

Pengertian Manajemen sumber daya manusia adalah kKeberadaan tenaga kerja sebagai salah satu faktor produksi sangat penting artinya bagi organisasi. Dalam perkembangannya, organisasi akan menghadapi permasalahan tenaga kerja yang semakin kompleks, dengan demikian pengelolaan sumber daya manusia harus dilakukan secara profesional oleh departemen tersendiri dalam suatu organisasi, yaitu Human Resource Departement.SDM sebagai salah satu unsur penunjang organisasi, dapat diartikan sebagai manusia yang bekerja di lingkungan suatu organisasi (disebut personil, tenaga kerja, pekerja/karyawan); atau potensi manusiawi sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan eksistensinya; atau potensi yang merupakan asset & berfungsi sebagai modal non-material dalam organisasi bisnis, yang dpt diwujudkan menjadi potensi nyata secara fisik dan non-fisik dalam mewujudkan eksistensi organisasi (Nawawi, 2000).

Sudah banyak problematika mengenai sumber daya manusia (tenaga kerja) di banyak instansi baik instansi pemerintah maupun instansi swasta. Salah satunya mengenai ketidaksinambungan antara tenaga kerja dengan pengusaha menyangkut hak dan kewajibannya msng-masing. Oleh karena itu, problematika tersebut perlu ditindaklanjuti serta dibutuhkannya sebuah langkah konkret yakni kepastian hukum dalam mengelola (memanage) sumber daya manuasia agar terciptanya rasa keadilan dimasing-masing pihak.

Pada organisasi yang masih bersifat tradisional, fokus terhadap SDM (sumber daya manusi)  belum sepenuhnya dilaksanakan. Organisasi tersebut masih berkonsentrasi pada fungsi produksi, keuangan, dan pemasaran yang cenderung berorientasi jangka pendek. Mengingat betapa pentingnya peran SDM untuk kemajuan organisasi, maka organisasi dengan model yang lebih moderat menekankan pada fungsi SDM dengan orientasi jangka panjang. Mengelola SDM di era globalisasi bukan merupakan hal yang mudah. Oleh karena itu, berbagai macam suprastruktur dan infrastruktur perlu disiapkan untuk mendukung proses terwujudnya SDM yang berkualitas. Perusahaan yang ingin tetap eksis dan memiliki citra positif di mata masyarakat tidak akan mengabaikan aspek pengembangan kualitas SDM-nya. Oleh karena itu peran manajemen sumber daya manusia dalam organisasi tidak kecil, bahkan sebagai sentral pengelola maupun penyedia SDM bagi departemen lainnya. Manajemen sumber daya manusia dapat diartikan sebagai kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas pengadaan

Perencanaan merupakan hal penting yang dilakukan oleh pemerintah dan didukung oleh kalangan masyarakat, mahasiswa, dan organisasi agar mampu menciptakan suatu citra pelayanan yang prosedural.
• Upaya-upaya Pemerintah yang melakukan untuk mengedepankan SDM adalah untuk kita
• Tuntutan Penyelenggaraan fungsi perencanaan SDM dengan baik terlihat jelas, jujur, adil, dan terarah maka upaya pencapain akan terasa oleh lembaga masyarakat maupun pemerintah daerah
• Situasi keterbatasan itu memberi petunjuk bahwa sumber dana, sumber daya, dan SDM harus direncanakan dan digunakan sedemikian rupa sehingga diperoleh manfaat yang semaksimal mungkin.
• Sedikitnya ada 6 manfaat yang pemerintah  dapat dipetik suatu perencanaan SDM secara mantap yaitu:

1.   Pemerintah Daerah dapat memanfaatkan SDM yang sudah ada dalam organisasi.

2.    Melalui perencanaan SDM yang matang, produktivitas, tenaga andal, dan berwibawah

3.   Tujuan dan sasaran strategis yang ingin dicapai dalam satu kurun waktu tertentu dimasa depan

4.   jumlah keberhasilan yang telah dinaikan

5.   upaya kerja keras untuk mencapai tujuan yang di inginkan

6.    kita sebagai pemikir, apa yang harus saya lakukan ke depan untuk membawa suatu perubahan melalui kesempatan ini.

 

Usaha kerja keras akan membawah suatu perubahan yang postif terhadap lingkungan pemerintah baik legislatif maupun Eksekutif dengan adanya kemampuan berkomunikasi, secara detail. Ada dua hal penting didalam organisasi adalah kita kerja keras, kita kerja cerdas untuk mengangkat keadilan dan kejujuran agar pastinya karir kita akan mengembang. Kita mencintai Tuhan, Tuhan mencintai kita karena tidak ada manusia yang hidup tanpa Tuhan. Permerintah adalah sarana pelayanan kepada masyarakat, bukan masyarakat melayani pemerintah.
Bukan dilayani tapi merekalah yang melayani agar kepuasan masyarakat sangat menentukan dan pemerintah yang berhasil bila layani sesuai dengan prosedur. Pemerintah tidak dapat membedakan dia siapa dan bagaimana tetapi keadilan itu diangkat dengan disiplin.
Pemerintah daerah mampu mengambil keputusan dalam pelaksanaan pembangunan melalui sumber daya manusia dalam hal ini pemerintah perlu berdayakan berbagai ahli masing-masing yang. SDM untuk membuka potensi alam yang ada dengan pendekatan keahlian Pemerintah daerah perlu manfaatkan potensi alam yang ada melalui SDM yang professional. Bila kita berbicara tetang kemajuan, hanya sederhana yaitu PERUBAHAN. Perubahan itu siapa yang lakukan, yang lakukan adalah pemerintahan daerah dilingkungan. Selanjutnya melakkukan perubahan ada pada kita Mahasiswa pelajar yang ada.Perubahan juga yang melakukan dan meningkatkan adalah pemeimpin yang mempunyai visioner, pemimpin yang kemampuan, pemimpin yang berkualitas, pemimpin yang memiliki jiwa membangun, pemimpin yang sadar dan takut kepada Tuhan. Perubahan dilakukan oleh pemerintahan berarti harus bertanggung jawab kepada perubahan ini untuk membawa perubahan yang efektif. Melalui perubahan Pemerintah dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik karena pemerintah adalah milik masyarakat. Sebaliknya masyarakat milik Pemerintah baik, pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, kecamatan/distrik, desa/ kelurahan didalam bingkai Negara Keatuan Rebuplik Indonesia. Perubahan ada dipundak kita dan dari hal ini kita belajar, belajar dan belajar melalui persatuan dan kesatuan serta mempersiapkan sumber daya manusia yang profesional, yang memiliki keterampilan, yang memiliki skill (kemampuan) untuk melangka kedepan dengan penuh harapan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: