KPK- Mewujudkan Indonesia bebas dari Korupsi (BI-01-SS-12)

Komisi Pemberantasan Korupsi, atau disingkat menjadi KPK, adalah komisi di Indonesia yang dibentuk pada tahun 2003 untuk mengatasi, menanggulangi dan memberantas korupsi di Indonesia. Komisi ini didirikan berdasarkan kepada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 mengenai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

                Mewujudkan Indonesia tanpa korupsi adalah sebuah cita-cita bersama. Tak jarang ikhtiar menuju Indonesia bebas korupsi ini menimbulkan rasa frustrasi mendalam. Manipulasi pajak, korupsi pembangunan gedung olahraga di Hambalang, sampai korupsi pengadaan Alquran adalah satu dari deretan panjang bukti betapa susahnya memberantas korupsi. Keberhasilan KPK dalam menangkap koruptor ternyata merupakan hasil dari peran serta dan kepedulian masyarakat dalam melaporkan kasus korupsi. Informasi yang valid disertai bukti pendukung yang kuat akan sangat membantu KPK dalam menuntaskan sebuah perkara korupsi.

                 Seperti yang kita ketahui bahwa pencegahan korupsi harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan berbasis program antikorupsi yang didapat dari lingkungan sekitarnya seperti:

  • Keluarga, menanamkan kesadaran bahwa berbagai bentuk korupsi adalah dosa dan menciptakan figur orangtua yang antikorupsi.
  • Sekolah, pendidik mengajarkan nilai-nilai integritas dan memberikan model antikorupsi dalam segala proses di sekolah
  • Lembaga keagamaan, tokoh agama menyebarkan pesan antikorupsi dan sebagai cerminan integritas untuk generasi baru yang bersih.

                Maka pencegahan korupsi sejak dini dapat membawa dampak yang baik dalam mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi. Karena kita semua tahu bahwa korupsi yang terjadi di Indonesia sangat menyengsarakan, khususnya bagi kita sendiri, Bangsa Indonesia. Sebagai putra – putri Bangsa Indonesia apakah kita tidak sedih, melihat saudara kita yang taraf ekonomi kebawah ( miskin) yang harus tinggal di lingkungan yang tidak selayaknya, dan bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sulit, begitu sangat terlihat dampak korupsi dari kesenjangan Ekonomi. Jelaslah, korupsi memeberi dampak yang buruk bagi kita semua.

 

Sumber: http://id.wikipedia.org

                 http://www.kpk.go.id/

 

Nama: Paskalina Notanubun

Kelas: 3 EB10

NPM: 25210323

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: