EKONOMI HIJAU PENTING BAGI MASA DEPAN INDONESIA (BI-01-SS-12)

Ekonomi Hijau adalah sebuah rezim ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan manusia dan kesetaraan sosial, yang sekaligus mengurangi risiko lingkungan secara signifikan. Ekonomi Hijau juga berarti perekonomian yang rendah karbon atau tidak menghasilkan emisi dan polusi lingkungan, hemat sumber daya alam dan berkeadilan sosial.

Sekarang ini model pembangunan yang dianut Indonesia perlu diperbaiki agar selain dapat bertahan dari terpaan gejolak ekonomi dunia, tetapi juga bersahabat dengan lingkungan. Ekonomi hijau penting bagi masa depan Indonesia. Bumi, dengan jumlah penduduk yang mencapai 7 miliar, tidak akan lagi bisa memenuhi kebutuhan semua penduduknya. Bahwa kita hidup di planet yang sudah melebihi kapasitas dalam kemampuan memberi makan penduduknya.

Ekonomi hijau diperlukan sebagai pengganti dari sistem ekonomi yang kita kenal selama ini. Alasannya, sistem ekonomi yang kita jalani sekarang terbukti merusak lingkungan. Terlihat hutan-hutan dunia yang mulai habis, begitu pula stok ikan di lautan atau kerusakan terumbu karang, atau semakin tipisnya persediaan minyak bumi yang mendasari hampir semua aktivitas ekonomi serta energi kita. Konsep ekonomi hijau ini, menjadi salah satu peluang untuk membalikkan keadaan. Dimana dengan pola hidup masyarakat modern yang saat ini berlangsung, terlihat bahwa pembangunan yang dilakukan sangat eksploitatif terhadap sumber daya alam dan mengancam kehidupan. Kita bisa melihat Pembangunan yang bertumpu pada pertumbuhan produksi memang membuahkan perbaikan ekonomi, tetapi gagal di bidang sosial dan lingkungan. Sebut saja, meningkatnya emisi gas rumah kaca, berkurangnya areal hutan serta musnahnya berbagai spesies dan keanekaragaman hayati, munculnya bencana ekologi dan kemudian menyumbang terjadinya pemanasan global.  Di sosial, terlihat ketimpangan sosial dalam kehidupan masyarakat.

Dengan konsep ekonomi hijau diharapkan menjadi jalan keluar terhadap permasalahan ini. Ekonomi hijau diharapkan menjadi jembatan antara pertumbuhan pembangunan, keadilan sosial serta ramah lingkungan dan hemat sumber daya alam.  Idealnya, sistem ekonomi hijau akan memastikan bahwa setiap negara, dalam upaya mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan penduduk, melakukannya dengan cara yang bertanggungjawab dan melindungi lingkungan.

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_Hijau

http://kkiwarsi.wordpress.com/2012/06/12/pembangunan-ekonomi-hijau-rendah-emisi-dan-polusi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: